Tips Memilih Warna Paduan Baju Muslim Modern

Memilih paduan warna yang sesuai merupakan salah satu faktor penting dalam memakai baju muslim modern. Dalam hal ini kebanyakan dari kita yang tidak terbiasa akan mengalami sedikit masalah yang mungkin terjadi. Sangat disayangkan apabila tidak membiasakan untuk memadu padankan koleksi pakaian yang ada di lemari. Maka pembahasan kita kali ini adalah terfokus pada cara dan tips sederhana dalam melakukan pemilihan warna yang paling tepat untuk di kombinasikan agar anda terhindar dari kesalahan yang membuat penampilan anda menjadi tidak matching.

the-color-wheel
Supaya kita bisa mengkombinasikan warna dengan tepat perlu kita bahas kembali mengenai tingkatan dasar dari warna. Yakni warna primer, sekunder dan tersier. Warna primer itu sendiri terdiri dari tiga macam warna yaitu merah, kuning dan biru. Dengan mengatur tingkat kegelapan/kecerahannya maka akan dihasilkan warna-warna lain yang bisa kita jadikan sebagai dasar untuk memilih warna busana muslim modern yang akan kita padu padankan.

Untuk mengatur tingkat kegelapan dari warna apapun kita dapat menggunakan warna hitam yang memiliki tingkat kegelapan maksimal. Warna sekunder sendiri merupakan pencampuran dari 2 warna primer. Contohnya adalah sebagai berikut:

Merah+Biru= Ungu
Merah+Kuning= Orange
Biru+Kuning= Hijau

Dengan mengatur tingkat kegelapan pada ketiga warna sekunder yakni Ungu, Orange dan Hijau, kita dapat membuat warna baru. Yang terakhir adalah warna tersier yang bisa dihasilkan dengan mencampur warna sekunder dengan warna primer yang sering digunakan dalam teknik pembuatan baju muslim modern. Adapun contohnya adalah sebagai berikut :

Orange+Merah atau Kuning= Merah-Orange atau Kuning-Orange
Ungu+Merah atau Biru= Merah-Ungu atau Biru-Ungu
Hijau+Biru atau Kuning= Biru-Hijau atau Kuning-Hijau

Untuk Warna primer dan sekunder yang bersebelahan dalam roda warna adalah saling analog satu sama lain contoh :
Warna analog dari Biru = Hijau dan Ungu
Warna analog dari orange= Merah dan Kuning

Dengan mencampurkan dan mengatur tingkat kegelapan dari sinilah dihasilkan warna-warna yang ada di alam semesta.

Tips berikutnya adalah warna yang memiliki keterkaitan analog dapat dipadu padankan selama memiliki tingkat kegelapan yang sama. Contohnya adalah ketika kita memakai dress berwarna biru dapat dikombinasikan dengan jaket berwarna hijau dan long pasmina atau scarf yang mempunyai corak senada.

Berikutnya adalah tips memadukan warna primer dengan warna sekunder yang bersebrangan dalam roda warna diatas (lihat gambar) atau yang biasa disebut dengan warna pelengkap atau komplimen.

Kuning komplimen terhadap ungu
Orange komplimen terhadap biru
Hijau komplimen terhadap merah dan seterusnya

Namun ada warna-warna komplimen tertentu yang tidak cocok dipadu padankan, jadi sebaiknya cermati dengan baik terlebih dahulu.

Tips selanjutnya dalam memilih warna yang sesuai untuk baju muslim modern adalah menggunakan paduan warna yang sama namun memiliki tingkat kegelapan yang berbeda. Melalui teknik ini akan dihasilkan efek monokromatik, kita juga bisa memadukan warna hitam atau putih dengan warna apapun karena sifat dasar dari kedua warna tersebut adalah netral. Dan yang terakhir adalah menyesuaikan warna- warna yang akan dipadupadankan dengan warna kulit kita.

Selamat mencoba dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>